11 January 2011

Mengenal Gas Metan (Methane)

Metan merupakan gas yang terbentuk dari proses dekomposisi anaerob sampah organic yang juga sebagai salah satu penyumbang gas rumah kaca yang mempunyai efek 20-30 kali lipat dibandingkan dengan gas CO2, total produksi metan bergantung kepada komposisi sampah yang secara teoritis bahwa setiap Kg sampah dapat memproduksi sebanyak.............
Metan merupakan gas yang terbentuk dari proses dekomposisi anaerob sampah organic yang juga sebagai salah satu penyumbang gas rumah kaca yang mempunyai efek 20-30 kali lipat dibandingkan dengan gas CO2, total produksi metan bergantung kepada komposisi sampah yang secara teoritis bahwa setiap Kg sampah dapat memproduksi sebanyak 0,5 meter kubik gas metan, kontribusinya dalam efek pemanasan global sebesar 15%. Metan yang dilepas ke atmsfer lebih banyak berasal dari aktifitas manusia (anthropogenic) daripada hasil dari proses alami. Termasuk pembakaran biomassa dan beberapa kegiatan yang berasal dari dekompossisi bahan rganik dalam keadaan anaerob. Seperti yang dapat dilihat pada gambar table dibawah, bahwa estimasi emisi metan secara global dari kegiatan manusia, contoh diantaranya seperti pada gambar di bawah ini ni... .



United State Environmental Protection Agency mendefiniskan Metan(Methane) sebagai gas yang terbentuk dari hasil metabolism jasad renik di dasar rawa, dalam lambung manusia dan hewan, serta dalam tumpukan sampah. Selain itu pembakaran bahan organic juga menghasilkan metan. Metan diemisikan dari tempat pembuangan sampah sebagai hasil dekomposissi anaerobic sampah organic. Metan yang terbentuk berpindah dalam sampah secara horizontal dan vertical dan akhirnya lepas ke atmosfer. TPA adalah sumber antropogenik metan dan memberikan kontribusi secara global sebesar 20-60 Tg metan per tahun. Jumlah metan yang diemisikan oleh Negara maju dan Negara berkembang cenderung berbeda, secara global dapat dilihat kira-kira 66% emisi metan dari tempat pembuangan sampah di Negara maju, 15% dari Negara transisi ekonomi dan 20% dari Negara-negara berkembang. Kira-kira skema fase pembentukan metan dapat dilihat seperti gambar dibawah ini.


No comments:

Post a Comment

Followers